Oleh: riyadi2405 | Juni 2, 2010

Beberapa Alasan Ngemil di Malam Hari


Malam-malam laper???gak ada nasi adanya Cuma camilan?? Jadinya ngemil aja deh….

Mungkin kita mengira kebiasaan ngemil di malam hari selama ini dikarenakan rasa lapar yang tiba-tiba muncul. Padahal banyak factor penyebab kita jadi suka ngemil di malam hari. Di bawah ini sedikit mengenai factor tersebut :

1. Malas Sarapan

Banyak dari kita atau orang-orang yang sibuk atau anak sekilahan yang males sarapan. Dengan alas an yang bermacam-macam, seperti males sarapan, takut morning sick dll.. Marci Gluck, PhD., psikolog klinis dari the National Institute of Health mengatakan, dorongan untuk ngemil setelah makan di malam hari biasanya dirasakan oleh mereka yang asupan makan pagi dan makan siangnya sedikit. Akibatnya, sistem pertahanan tubuh terhadap rasa lapar pun mudah runtuh dan kita cenderung makan lebih banyak di sore dan malam hari.

Selain itu, studi yang dilakukan di Finlandia mendapati bahwa mereka yang tak terbiasa sarapan bagi perokok aktif malah lebih suka merokok di pagi hari ketimbang sarapan. Mereka juga lebih banyak mengonsumsi minuman beralkohol, dan lebih malas berolahraga. Tak heran bila kelompok ini punya berat badan lebih tinggi dibanding mereka yang rutin makan pagi.

2. Lelah Mental

Penelitian yang dilakukan pada 2007 di Australia menunjukkan adanya hubungan signifikan antara stres mental dengan kebiasaan mengudap makanan ringan di malam hari. Hal ini terutama pada kaum wanita.

Menurut riset itu, kita cenderung mengatasi rasa gelisah, depresi, dan stres, dengan mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan gula. Padahal, saat stres muncul, produksi hormon kortisol di tubuh meningkat. Hormon ini turut berperan dalam menimbulkan penimbunan lemak di perut, serta memicu keinginan untuk ngemil yang sulit ditahan. Jadi jangan terlelu banyak fikiran kalau sudah malem hari, fikiran kita buat santai dan usahakan kita sedikit melihat hiburan di TV pada sore harinya.

3. Sudah Terbiasa Ngemil

Pada dasarnya, sistem tubuh bekerja sesuai dengan pola atau kebiasaan yang kita bentuk. Jika selama ini kita terbiasa ngemil setiap jam 9 malam, tubuh akan otomatis “meminta” untuk diisi makanan pada waktu tersebut, setiap hari. Ini tetap terjadi meski di saat itu tubuh seharusnya beristirahat dan berhenti “bekerja”. Ini sama kaya kebiasaan kita ketika bangun subuh, tubuh kita secara otomatis bangun karena kita sudah terbiasa melakukan hal tersebut tiap hari (bagi muslim).

Akibat dari terbiasa ngemil di atas jam 9 malem, makanan jadi sulit dicerna karena tubuh sudah berada dalam kondisi istirahat. Selanjutnya terjadi penumpukan lemak dan kalori di tubuh kita. Jika keadaan ini dibiasakan dalam waktu lama – secara sadar ataupun tidak – maka kita berpotensi mengalami obesitas. Demikian dijelaskan oleh Kathleen Zelman, MPH, RD, LD, ahli nutrisi dan juru bicara dari American Dietetic Association.

4. Terkena Night Eating Syndrome (NES)

NES adalah gejala kelainan pola makan yang dikemukakan pertama kali oleh Dr. Albert Stunkard, MD, dari University of Pennsylvania, pada 1995. Ia melakukan penelitian terhadap 25 pasien obesitas, sebanyak 90% di antaranya adalah perempuan.

Sekitar 64% partisipan studi mengalami 3 gejala kelainan makan, yaitu meningkatnya nafsu makan di malam hari, sulit tidur, dan tidak nafsu makan pada pagi hari. Di Amerika, gejala ini menyerang hampir 6 juta penduduk. Di Indonesia, menurut Dr. Tjandraningrum, belum ada data pasti mengenai angka kejadiannya. Tetapi sudah banyak orang yang terkena NES ini, misal saja di sekitar daerah ane. Banyak warung kopi yang berjualan di malam hari dan sebagian besar wilayah ini dihuni oleh mahasiswa yang notabenya banyak yang mempunyai sifat nomor 1 (males sarapan). Kebiasaan makan di malam hari sudah menjadi rutinitas sebagian besar warga.

Sementara itu, studi di Norwegia juga menunjukkan bahwa penderita NES umumnya mengalami penurunan kadar beberapa jenis hormon dalam tubuhnya pada malam hari. Di antaranya adalah melatonin dan leptin. Penurunan ini membuat si penderita selalu terjaga di malam hari, sehingga mudah merasa lapar.

Jadi dapat disimpulkan dari semua factor di atas, kebiasaan ngemil itu tergantung pada pribadi masing-masing dalam mengatur jadwal makan mereka. Alangkah baiknya kita mulai memiliki jadwal makan yang teratur, sehinggga kita bisa menjaga kesehatan tubuh kita dan terhindar dari obesitas karena ngemil di malam hari.

Ngemil di malam hari sebenarnya tidak apa-apa tetapi hal tersebut jangan terlalu sering dilakukan dan imbangi dengan olahraa teratur dan pola makan yang teratur.

Sumber dan sedikit di edit oleh penulis.


Responses

  1. Owh,, jadi ngemil ga masalah yah?? ywdh deh matur thank U.. dari blogger newbie ^_^

    • tergantung kitanya bro…..
      ngemil boleh2 aja…
      asal jangan dibisakan pas malem ato tengah malem terus2 an bro…..
      makasih atas kunjungannya….

  2. terima kasih atas infonya.. saya termasuk orang yang suka ngemil di malam hari..

    • hahahha…..emang ngemil enak bro….tpi kita harus coba ganti camilan kita di malam hari bro….jangan yang berat2…..tpi juga jangan terlalu sring ngemildi malam hari….
      thax atas kunjungannya…..

  3. mohon maaf…

    ijinkan saya untuk memohon bantuan anda untuk memberitahu kepada rekan anda : http://lyric13.wordpress.com/2010/06/10/analisis-politik-dibalik-heboh-video-mesum-mirip-ariel-luna-maya-dan-cut-tary/
    agar tidak melakukan copy-paste tanpa seijin dan tanpa mencantumkan sumbernya (http://itempoeti.com/2010/06/analisis-politik-dibalik-heboh-video-mesum-mirip-ariel-luna-maya-dan-cut-tary/).

    permohonan ini saya sampaikan mengingat blog anda adaa di dalam daftar blogrollnya.

    terima kasih atas bantuannya.

    • iya bro…maksih atas info dan kunjungan anda…..
      semangat keepposting…
      mskipun COPAS harus tetep cantumkan sumber tulisan kita bro….

  4. Kalau sih sih ngemil malam alasannya karena emang ada cemilan bro.. Biasanya sambil iseng nonton tv, he3..

    Tapi kalau misalkan kebetulan gak ada cemilan, yo wish.. gak maksain nyari :D

    • hahahaha….
      ya emang begitu bro…tpi emang kebiasaan ngemildi malam hari thu tidak baok bro…alangkah baiknya kita sedikit demi sedikit menghindarinya….

      • Iya sih, saya juga sering denger kayak gitu (ngemil malam gak baek). Masalahnya, saya tu agak-agak bertipe kelelawar (tidur malam banget), kadang kalau lagi bosesn atau agak lapar, bongkar cemilan nganggur deh :D

        Ada tips gak bro buat nguranginnya? Atau buat artikel baru soal ini oke kayaknya, he3.. ;)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: